Home » Hotel Ciwidey » PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

Jumat, Oktober 18th 2013. | Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY , Sheth, Parvatiyar dan Shainesh (2002:86) mengungkapkan bahwa CRM mempunyai tiga tipe program, yaitu continuity marketing, one to one marketing dan partnering program. Ketiga program tersebut mempunyai bentuk yang berbeda-beda yakni untuk pemakai akhir, pelanggan distributor, atau pelanggan bussiness to bussiness.

Perhatian yang besar untuk mempertahankan para pelanggan telah menyebabkan banyak perusahaan berusaha mengembangkan continuity marketing program yang ditujukan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka (Parvatiyar dan Sheth, 2001:11). Bagi konsumen dalam pasar missal, program ini biasanya berbentuk program kartu keanggotaan dan juga kartu loyalitas di mana konsumen sering diberi penghargaan yang dapat berupa layanan khusus secara individu, poin untuk upgrades, diskon, serta pembelian silang.

Untuk pelanggan distributor, continuity marketing program dilaksanakan dalam bentuk program-program penambahan yang berkelanjutan mulai dari program management  Just in Time (JIT) sampai kepada respon konsumen, termasuk di dalamnya proses pemesanan elektronik dan perencanaan sumber material.

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEYDalam pasar bisnis, program ini berbentuk program pelanggan khusus atau perjanjian sourcing  jhusus termasuk single sourcing, dual sourcing, dan network sourcing, serta perjanjian sourcing Just in Time (Parvatiyar dan Sheth; 2001:11). Premis dasar dari program continuity marketing adalah untuk mempertahankan para pelanggan dan meningkatkan loyalitas melalui pelayanan khusus jangka panjang yang berpotensi untuk meningkatkan nilai melalui saling mempelajari masing-masing pihak.

One to one marketing  atau pendekatan pemasaran secara individual merupakan suatu program yang ditujukan pada pemenuhan pemuasan kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan yang unik dan secara individual. Suatu konsep yang dahulu biasa terdapat dalam business to business marketing  saat ini juga diimplementasikan dalam konteks pasar massal dan pelanggan distributor.

Dalam pasar massal, informasi pelanggan secara individu dapat diperoleh dengan biaya rendah sehubungan dengan tingginya tingkat perkembangan teknologi informasi dan ketersediaan data. Dengan menggunakan informasi online dan database, interaksi pelanggan individu, para pemasar mencoba untuk memenuhi kebutuhan unik dari pelanggan secara massal. Informasi pelanggan individu digunakan untuk membangun pemasaran interaktif dan program pasca pemasaran dalam mengembangkan pelanggan (Parvatiyar dan Sheth 2001:12).

Untuk para pelanggan distributor,  program ini berbentuk customer business development. Hubungan ini memerlukan tindakan kooperatif dalam penciptaan nilai. Dalam konteks pasar bisnis, dikenal dengan program key account management dimana para pemasar membentuk tim pelanggan yang menjembatani sumber daya perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan individual.

Program ini memerlukan sumber alokasi sumber daya yang ekstensif dan perencanaan gabungan dengan pelanggan. Program ini dilaksanakan untuk pelanggan domestic yang berlokasi ganda.

Tipe ketiga dari program CRM adalah hubungan kemitraan antara para pelanggan dan antara para pemasar untuk melayani kebutuhan pemakai akhir. Dalam pasar masal terdapat dua tipe partnering program yaitu Co-branding dan Afinity partnering.

Co-branding, dua pemasaran menggabungkan sumber daya dan keahlian merek untuk mengalokasikan produk dan jasa lanjutan untuk para pelanggan pasar masal (Parvatiyar dan Sheth 2001:12). Affinity partnering program, mirip dengan Co-branding hanya saja para pemasar tidak menciptakan merk baru akan tetapi menggunakan strategi endorsement. Biasanya program ini mencoba untuk mengambil keuntungan dari keanggotaan pelanggan dalam satu kelompok untuk melakukan pembelian silang terhadap produk atau jasa lainnya.

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

Pada pelanggan distributor,  program ini diimplementasikan melalui logistics partnering dan usaha pemasaran kooperatif. Pada kemitraan tersebut pemasar dan pelanggan distributor bekerja sama dan saling berkolaborasi dalam mengelola inventori dan supply logistic serta bersatu dalam usaha pemasaran gabungan.

Untuk  pelanggan bisnis, partnering program berupa Co-design, Co-development, dan kegiatan Co-marketing yang saat ini kurang popular untuk digunakan (Parvatiar dan Sheth 2001:12). Yang dilakukan diantaranya yaitu melakukan kerja sama dengan perusahaan lain untuk melayani kebutuhan pelanggan dan memberikan atau menyediakan layanan lain yang dibutuhkan pelanggan.

Dalam industri perhotelan, hubungan pelanggan sangatlah penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Dalam hal ini jalinan hubungan akan menciptakan nilai lebih kepada para pelanggan dibandingkan dengan faktor lain seperti harga dan fitur produk, karenanya akan meningkatkan lifetime value bagi pelanggan.

Hotel-hotel ternama berusaha untuk memberikan lebih dari sekedar kepuasan pelanggan dan memastikan memberikan nilai melalui suatu jalinan hubungan daripada hanya berdasarkan transaksional saja. Kepuasan pelanggan sajatidak cukup untuk membangun loyalitas. CRM dalam industri perhotelan didasarkan kepada prinsip dasar yang menyatakan bahwa layanan yang baik tidak menjamin kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan tidak menjamin loyalitas.

Karena  itu timbullah kebutuhan akan hubungan pelanggan yang kuat untuk membangun loyalitas. Untuk produk perhotelan, hubungan pelanggan berdasarkan kepada moment of truth yang apabila dikombinasikan dengan karakteristik unik dari industri perhotelan akan menarik perhatian penyedia jasa untuk mengutamakan pelanggan. Menurut Doyle dalam Seth, Parvatiyar dan Shainesh (2001:403) CRM dalam industri perhotelan merupakan suatu proses yang berkelanjutan dalam mengelola moment of truth dan mencari peluang dalam menciptakan nilai pelanggan dengan tujuan membangun loyalitas pelanggan berdasarkan interaksi konstan antara pelanggan dengan produk dan karyawan hotel.

Terdapat beberapa prinsip dasar CRM dalam industri perhotelan yaitu tercapainya tujuan dasar dari CRM hanya apabila hotel menjalin suatu hubungan dengan seluruh pelanggan hotel; semua karyawan terlibat dalam jalinan hubungan pelanggan yang berdasarkan database dan preferensi pelanggan; konsistensi antara jasa yang ditawarkan dengan penyampaian jasa; memahami pandangan, keinginan dan kebutuhan pelanggan, adanya reabilitas terhadap hotel dan pelayanannya; memastikan bahwa pelanggan memperoleh semua informasi mengenai produk dan jasa yang ditawarkan pihak hotel; pemberian penghargaan kepada pelanggan loyal.

Berdasarkan prinsip di atas maka terdapat beberapa strategi dalam melaksanakan CRM dalam industri perhotelan yaitupihak hotel menyediakan guest profiles atau guest history, guest feedback form, interaksi konstan antara karyawan dengan pelanggan; fokus kepada orientasi pelanggan; adanya jaminan dalam kaitannya dengan reabilitas; guest loyalty program serta adanya perbaikan layanan, PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY.

Advertisement
tags: , ,

Related For PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

Comment For PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) HOTEL CIWIDEY

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • 6 of the Best Beaches in Italy
    In Italy, beaches come with historic towns, tasty seafood, and fascinating backstories. While many locals flock to the sea in July and August, the preceding months of spring and early summer can still allow for some quiet exploring, swimming, and sunbathing. There are stunning beaches up and down both the Mediterranean and Adriatic coasts, in […]
  • The Best Day Trips from Rio de Janeiro (Plus, a Few Long Weekend Jaunts)
    With its unrivaled beach scene, stunning mountain landscape, funk and samba sounds, diverse nightlife, and amazing cultural offerings, you might think there's little reason to leave Rio de Janeiro. And while the city itself could easily take up a week of time (or more), there's a lot more to explore within a relatively quick jaunt […]
  • The Most Amazing Waterfalls in Hawaii
    Here's a fact: New York may have Niagara Falls, but as the rainiest state in the U.S., Hawaii wins the prize as having more spectacular waterfalls than anywhere else in the country. There are stunners that span hundreds of feet and can be heard from a distance as they crash into pools below, and others […]