Home » Hotel » Pengertian Hotel

Pengertian Hotel

Selasa, Juli 30th 2013. | Hotel

Pengertian Hotel

Pengertian hotel, Industri perhotelan merupakan bagian dari hospitality industry yaitu suatu industri yang menyediakan produk dan jasa kepada pelanggan yang jauh dari rumah (Morisson). Industri ini terdiri travel, penginapan, makanan, hiburan, rekreasi dan fasilitas permainan. Di bawah ini tampak bagan dari hospitality industry.

Secara garis besar, hospitality industry dibagi menjadi lodging operations, food/beverage service, serta travel and tourism. Hotel berada di bawah loding operations bersama-sama dengan motels, motor hotels, resorts, perkemahan, taman, dan lain sebagainya.

Pengertian Hotel

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

Pengertian Hotel

Hotel menurut Hotel Proprietors Act, (1956), adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.

Menurut Glolier Electronic Publishing Inc, (1995), hotel adalah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan untuk umum. American Hotel and Motel Association ( AHMA) menyatakan bahwa hotel adalah suatu tempat dimana disediakannya penginapan, makanan dan minuman serta pelayanan lainnya untuk disewakan bagi para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara waktu. Sedangkan Richard (2000) berpendapat bahwa hotel adalah jenis akomodasi yang menyediakan fasilitas dan pelayanan penginapan, makan, dan minum serta jasa-jasa lainnya untuk umum yang tinggal untuk sementara waktu, dan dikelola secara professional.

Pengertian Hotel

Dri beberapa konsep di atas dapat disimpulkan bahwa hotel adalah suatu jenis ako modasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada dengan menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa pengunjung lainnya, berfungsi sebagai tempat sementara dan disediakan bagi umum, dikelola secara komersial dengan memperhitungkan untung atau ruginya, serta bertujuan untuk mendapatkan keuntungan berupa uang sebagai tolak ukurnya.

Kegiatan utama dari suatu hotel adalah menyewakan kamar kepada tamu. Untuk bisa memberikan kepuasan kepada tamu, keadaan kamar yang disewakan harus berada dalam keadaan bersih, nyaman dan aman ( terbebas dari berbagai kemungkinan terjadinya kecelakaan, pencurian dan penyakit ).

Untuk jenis kamar tamu pada dasarnya bisa dibedakan atas single room yaitu kamar untuk satu orang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukuran single untuk satu orang, twin room yaitu kamar untuk dua orang yang dilengkapi dengan dua buah tempat tidur masing-masing  berukuran single, double room yaitu kamar yang dilengkapi satu buah tempat tidur berukuran double ( untuk dua orang ), serta double-double yaitu kamar utuk empat orang yang dilengkapi dengan dua kamar tamu dan tempat tidur berukuran double (untuk dua orang).

Adapun fasilitas standar yang terdapat pada masing-masing jenis kamar tersebut adalah kamar mandi private (bath room), tempat tidur ( jumlah dan ukuran sesuai dengan jenis kamar), ruang tidur, lemari pakaian (cupboard), telepon, radio dan televisi, meja rias/tulis (dressing table), rak untuk menyimpan koper (luggage rack), asbak korek api, handuk, alat tulis (stationaries).

Jenis-jenis kamar menurut fasilitas yang tersedia berbeda dari satu hotel dengan hotel yang lainnya, hal tersebut karena harga kamar selalu dikaitkan dengan kelengkapan fasilitas kamar, Makin lengkap fasilitas kamarnya, makin mahal pula harganya.

Sebagai contoh jenis kamar menurut fasilitasnya yang tersedia, kamr standar adalah kamar yang termurah harganya. Adapun contoh jenis kamar menurut fasilitasnya adalah standard room, superior, moderate, suite room, executive room dan penthouse.

Industri perhotelan memiliki karakteristik berbeda dengan jasa lainnya dalam hal jangka waktu penggunaan jasa yang lebih pendek, lebih bersifat emosional, pentingnya mengelola bukti seperti lingkungan fisik, harga, komunikasi, serta pelanggan; lebih menekankan pada citra; lebih banyak variasi dan tipe saluran distribusi, bergantung kepada organisasi komplementer, lebih mudah ditiru serta lebih menekankan promosi off-peak ( Morrison).

Berdasarkan karakteristik di atas, terdapat lima pendekatan yang digunakan dalam pemasaran hotel yaitu menggunakan lebih dari 4P, lebih mementingkan informasi word of mouth, menggunakan pendekatan emosional dalam promosi, kesulitan yang lebih tinggi dalam mencoba konsep baru, kepentingan yang meningkat akan hubungan dengan organisasi komplementer.

Dalam perencanaan pemasaran, suatu organisasi cenderung untuk menggunakan bauran pemasarannya. Begitu pula dalam industri per-hotel-an yang menurut Morrison memiliki 8P yaitu product, partnership, people, packaging, programming, place, promotion, serta pricing, demikianlah informasi tentang pengertian hotel.


Advertisement
tags: , , , , ,

Related For Pengertian Hotel

Comment For Pengertian Hotel

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • The Biggest Hotels in Las Vegas
    Forget quaint, quirky, and cute -- Las Vegas is all about going big or going home, even when it comes to its slew of hotels. Attracting millions of visitors each year, Sin City properties shelter those looking to roll the dice, see a show, or generally get wild. These hotels also endlessly entertain, with casinos, […]
  • 5 of the Most Dangerous Beaches in the Caribbean
    The islands of the Caribbean are beloved tourist draws for their charming seaside towns, sunny weather, and, perhaps most popularly, the gorgeous beaches scattered across the region. But it’s not all palm trees and sunshine: Some of the beaches have cultivated quite a reputation for being less peaceful and relaxed, and more dangerous and, well, […]
  • Jamaica vs. Dominican Republic: Which Is a Better Vacation Spot for You?
    Mid-January weather has lots of Americans looking to the Caribbean for some fun in the sun. But when it comes to trip planning, there's a lot more to think about than tiny umbrellas and pina coladas (though both of those things are very important). Category 5 storms Irma and Maria impacted much of the region […]