Home » Hotel Ciwidey » Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Rabu, November 7th 2012. | Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey

Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Manajemen Penyelenggaraan HotelPada kesempatan ini hotel ciwidey akan memberikan informasi kepada Anda tentang Manajemen Penyelenggaraan Hotel, yang mudah-mudahan memberikan manfaat. Yang dimaksud dengan manajemen penyelenggaraan hotel ialah, suatu kegiatan penyelenggaraan usaha hotel yang didasarkan oleh konsep-konsep dan fungsi-fungsi manajeman. Dengan penjelasan-penjelasan sebelumnya tentang pengertian keparawisataan dan hotel, maka dapat diketahui juga kompleksitas penyelenggaraan usaha hotel. Kompleksitas kegiatan penyelenggaraan hotel tersebut, menuntut para manajer hotel menggunakan kemampuannya untuk menyusun, menggunakan strategi manajemen atau manajeman operasional, serta strategi dalam menghadapi para pesaingnya. Hal ini juga dilaksanakan di hotel ciwidey sudah menerapkan manajemen penyelenggaraan hotel. Strategi manajemen dan strategi persaingan pada dasarnya bertujuan untuk dapat meningkatkan kinerja hotel. Adapun strategi manajemen dan persaingan akan berkaitan dengan upaya-upaya berikut :

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

Peningkatan kemampuan pengelola untuk meningkatkan teknik-teknik manajemen pengelolaan yang dapat meningkatkan volume penjualan, mengurangi tingkat kegagalan produksi (seperti tingkat pembatalan pemesanan kamar atau no-show)

Meningkatkan produktivitas pelayanan, yang mana pelayanan pada dasarnya adalah suatu aktivitas ekonomi yang menghasilkan waktu, tempat, bentuk, dan kebutuhan-kebutuhan psikologis yang diperlukan seseorang. Perubahan terhadap kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan tamu, harus diikuti dengan perubahan-perubahan cara bekerja individu-individu dalam organisasi. Suatu kulutur kerja baru perlu diciptakan untuk mengantisipasi perubahan-perubahan kebutuhan dan keinginan tamu yang dapat dilakukan melalui : peningkatan ketertiban karyawan dalam proses pembuatan keputusan, menetapkan standar pelayanan yang tinggi, dan meningkatkan komunikasi intern dan ekstern. Menciptakan atau membangun kelompok-kelompok kerja adalah cara yang tepat, karena melalui pembentukan kelompok kerja tersebut, setiap anggota kelompok akan selalu berusaha untuk menjaga kerjasamanya, dan sesame anggota akan selalu mempertanggungjawabkan pekerjaannya masing-masing.

Memperluas penetrasi pasar, kemudian memberikan harga jual produk yang kompetitif dengan tujuan peningkatan dan memelihara penjualan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Yield Management. Mengenai hal memperluas penetrasi hotel ciwidey masih belum melakukannya karena masih mengoptimalkan di daerah Kawah Putih Ciwidey.

Perlu diketahui bahwa bidang usaha hotel di Indonesia terbagi menjadi 3 kelompok jaringan pengusaha hotel. Oleh sebab itu, peningkatan kehandalan bersaing perlu dijadikan prioritas pertama bagi pengelola hotel. Adapun ke 3 kelompok jaringan pengusaha hotel tersebut terdiri atas :.

Manajemen Penyelenggaraan Hotel

  1. Jaringan hotel internasional ( International Hotel Chains )
  2. Jaringan hotel nasional ( national Hotel Chains ) ; dan
  3. Hotel yang dikelola secara independen.

Ketiga jenis jaringan pengusahaan hotel tersebut berdasarkan pada criteria penggolongan hotel berbintang. Terbagi ke dalam berbintang 1 sampai dengan hotel berbintang 5. Berdasarkan pada penggolongan tersebut, setiap produk yang dijual baik oleh semua jenis ataupun oleh masing-masing jenis hotel adalah berbeda. Hotel Ciwidey adalah termasuk Hotel yang dikelola secara independen. Oleh karena terdapat ketidaksamaan produk yang dihasilkan oleh masing-masing jenis hotel tersebut, maka tamu (konsumen) dan para pengelola hotel secara sendiri-sendiri mempunyai kekuatan yang cukup untuk mempengaruhi  permintaan dan penawaran.  Dengan adanya cirri-ciri tersebut, maka dapat dikatakan terjadi suatu persaingan tidak sempurna di dalam aktivitas pasar. Oleh sebab itu, masing-masing pengelola hotel dituntut kepiawaiannya menentukan strategi pengelolaan untuk dapat mempengaruhi dan membuktikan kepada tamu tentang keistimewaan produk yang dihasilkan oleh hotelnya sehingga mampu untuk tetap unggul dalam persaingan.

Mencermati pengelolaan usaha hotel, dan telah disinggung sebelumnya bahwa pengelolaan usaha hotel tidak akan terlepas dari pelaksanaan strategi, yaitu suatu pendekatan untuk menggunakan segala sumber daya yang tersedia di dalam kendala iklim kompetitif untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan oleh hotel. Strategi yang digunakan dalam pengelolaan usaha hotel dapat digolongkan kedalam dua strategi. Pertama, adalah strategi manajemen yang hanya membatasi sampai pada pengertian  yang analog dengan manajemen operasional, yaitu sebagai pendekatan yang menyeluruh pengelolaan semua aspek usaha hotel (fasilitas-fasilitas, kebijakan, karakteristik produk dan sumber daya manusia). Kedua, adalah strategi persaingan yang merupakan suatu modus dimana hotel merumuskan strategi tertentu dengan mengetahui secara tepat strategi yang disusun oleh hotel-hotel pesaing.

Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Dengan kedua strategi tersebut yang selanjutnya  akan dibahas dalam kesempatan lain berikutnya dalam blog hitel ciwidey ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan penyelenggaraan hotel dialokasikan kedalam 2 (dua) bidang pengelolaan, yaitu pengelolaan semua aspek usaha yang terdapat di dalam lingkungan hotel, dan pengelolaan semua aspek yang terdapat di luar lingkungan hotel, serta keduanya saling menopang dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan oleh hotel.

Dalam melaksanakan strategi manajemen yang merupakan pendekatan menyeluruh pengelolaan semua aspek usaha hotel, terdiri dari fasilitas hotel, kebijakan, produk dan karakteristiknya, serta sumberdaya manusia yang melekat pada setiap bagian hotel untuk mendatangkan keuntungan (revenue department), seperti : pada bagian Kantor Depan Hotel (Front Office), Tata Graha (Housekeeping), dan bagian Makanan dan Minuman ( Food and Beverage) serta Pemasaran (Marketing), maka sesuai dengan fungsi dan peranan bagian-bagian tersebut dapat digunakan strategi manajemen yang tepat dalam melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan hotel, ataupun menghadapi persaingan usaha yang  sangat competitive, kami hotel ciwidey selalu memberikan yang terbaik untuk Anda.

Adapun strategi persaingan dipilih didasarkan pada karakteristik lingkungan persaingan, hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui dorongan persaingan, seperti : berusaha mengetahui kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan usaha hotel potensial atau sejenisnya, yang akan dan telah masuk dalam persaingan sebagai ancaman baru. Dengan mengetahui hal itu, maka dapat diidentifikasi peluang untuk menciptakan kekuatan-kekuatan untuk bersaing, demikian informasi tentang Manajemen Penyelenggaraan Hotel.

Advertisement
tags: , , , ,

Related For Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Comment For Manajemen Penyelenggaraan Hotel

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • 9 Things Every Traveler Should Do Before Leaving Their Hotel Room
    We've already filled you in on the things you should never do at hotel checkout, but the smartest travelers have a mental to-do list before they even leave the room and head down to the reception desk. Leaving a hotel room (especially a nice suite) can be a letdown. It officially means that vacation is […]
  • The Ultimate NYC Bucket List
    New York City itself is a bucket-list destination. But simply arriving at J.F.K. (or visiting Times Square) isn't enough to check the city off your list. To make your Big Apple trip truly bucket-list worthy, you're going to have to get out of your comfort zone to experience some of the best dining, shopping, culture, […]
  • How to Spend Three Perfect Days in Yellowstone National Park
    The United States is home to more than 50 national parks, and Yellowstone National Park is a favorite for many. Established in 1872 as the world’s first national park (44 years before the National Park Service was created), Yellowstone shelters hundreds of wildlife species, including bison, moose, elk, wolves, and bears. The park also boasts […]