Home » Hotel Ciwidey » KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Jumat, Oktober 25th 2013. | Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey

KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Komponen Marketing Public Relation (MPR) Hotel Ciwidey ,  memiliki berbagai keunggulan yaitu efektif khususnya dalam membangun brand awareness dan brand knowledge, potensial untuk membangun efektivitas Hotel Ciwidey pada area meningkatkan penggunaan kategori dan meningkatkan penjualan merk dalam periklanan, lebih hemat dibandingkan dengan bauran promosi lainnya.

Semakin penting perannya mengingat semakin canggihnya teknologi media elektronik karena lebih cost-effective sedangkan biaya media semakin tinggi, dapat melengkapi iklan secara komplementer yaitu dengan meningkatkan kredibilitas dari suatu pesan, dapat menjadi suatu kegiatan yang terpercaya serta dapat menembus situasi yang relatif sulit atau terbatas.

Terdapat beberapa komponen dalam hubungan masyarakat dalam pemasaran (Marketing Public Relations) yang menurut Kotler, Bowen, and Makens (2003:604) adalah publikasi, events, berita, kegiatan sosial, serta media identitas. Dalam hal publikasi, perusahaan sangat bergantung kepada materi komunikasi agar dapat meraih dan mempengaruhi pasar sasaran.

KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Dalam hal ini anak perusahaan harus dapat menjalin hubungan dengan editor dan jurnalis yang merupakan bagian dari pers dan media. Kualitas dari hubungan ini akan berdampak terhadap berita dan cerita perusahaan yang akan membentuk opini publik. Yang termasuk ke dalam publikasi adalah laporan tahunan, brosur,  kartu, artikel, materi audio visual, newsletter dan majalah perusahaan.

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Brosur mempunyai peran yang sangat penting dalam menginformasikan kepada pelanggan sasaran mengenai produk, bagaimana cara kerjanya, bagaimana proses pembuatannya. Artikel yang dibuat oleh eksekutif perusahaan bisa menarik perhatian mengenai perusahaan dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Newsletter dan majalah perusahaan dapat membantu membangun citra dan memberikan berita penting bagi perusahaan. Audiovisual seperti film, slides, kaset video dan kaset audio semakin tinggi kegunaannya sebagai alat promosi.

Acara-acara khusus yang diadakan oleh perusahaan dapat menarik perhatian pasar. Adapun acara khusus tersebut dibagi menjadi product events yaitu events yang berorientasi produk dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan serta corporate event yaitu suatu eventsyang dirancang dan diselenggarakan perusahaan dengan nuansa hiburan yang diliput oleh media local sehingga akan membangkitkan kesadaran, goodwill dan minat.

Yang termasuk ke dalam acara khusus ini adalah konferensi, seminar, outings, eksibisi, kontes dan kompetisi, perayaan tahunan, dan sponsorship terhadap acara budaya dan acara olah raga yang akan menjangkau publik sasaran. Mensponsori acara kegiatan olah raga memungkinkan perusahaan untuk mengundang supplier, jurnalis, distributor dan para pelanggan, selain juga dapat memberikan perhatian berulang mengenai nama perusahaan beserta produknya.

Selain menyelenggarakan events khusus, tugas utama hubungan masyarakat (public relations) yang profesional adalah untuk mencari atau menciptakan berita yang menguntungkan perusahaan, produknya, serta orang-orangnya. Pembuatan berita memerlukan keahlian dalam mengembangkan konsep cerita, melakukan penelitian, serta menulis press release.

Tidak hanya mempersiapkan berita, seorang hubungan masyarakat (public relations) harus membuat media menerima press release yang dibuatnya dan membuat konferensi pers serta mengerti kebutuhan pers akan cerita yang menarik dan tepat waktu yang ditulis dengan baik dan menarik perhatian. Speeches merupakan alat lain dalam menghasilkan produk dan publisitas perusahaan. Perusahaan memilih juru bicara yang mewakili perusahaan secara hati-hati. Dalam hal ini perusahaan menggunakan pakar untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara si juru bicara tersebut.

Perusahaan dapat meningkatkan goodwill nya dengan memberikan kontribusi uang dan waktu untuk hal-hal yang terpuji. Perusahaan besar akan mendukung kegiatan sosial dalam lingkungan perusahaannya atau akan mendonasikan uangnya untuk tujuan tertentu sehubungan dengan pembelian konsumen. Dalam kehidupan di mana terdapat komunikasi yang berlebihan, perusahaan harus berlomba-lomba menarik perhatian publik. Mereka harus menciptakan identitas visual di mana publik mengenalinya. Identitas visual suatu perusahaan dapat berupa logo, alat tulis, brosur, tanda, kartu nama, bangunan, seragam, atau kode etik dalam berpakaian.

KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Peran MPR dalam industri perhotelan sangatlah penting dalam rangka lebih memantapkan keberadaannya di tengah masyarakat. Untuk itu pihak hotel melakukan pengenalan diri, mendapat pengakuan, memperoleh penghargaan atau kepercayaan serta bantuan dari masyarakat khususnya dari para pelanggannya.

Hal tersebut dilakukan melalui hubungan masyarakat (public relations) yang merupakan penghubung antara pihak  hotel dengan publik mengingat hotel memiliki komitmen tertentu terhadap masyarakat yang harus dipenuhinya. Peran MPR dalam industri perhotelan didasarkan oleh beberapa alasan yaitu semakin jauhnya jarak antara pihak hotel dengan para tamu hotel mengingat semakin kompleksnya industri perhotelan, tingginya tingkat persaingan, kritik yang timbul yang harus diselesaikan secara professional, perkembangan teknologi yang semakin pesat harus dimanfaatkan dalam memperkenalkan produk serta fasilitas hotel, semakin pintar dan kritisnya masyarakat menyebabkan pihak hotel harus memiliki strategi khusus dalam memberikan penjelasan yang berhubungan dengan kegiatan perhotelan (Oka 1995:225). Karenanya peranan MPR dalam industri perhotelan yang dianggap paling penting adalah menjaga citra positif di masyarakat, mengatasi publisitas negative, serta meningkatkan keefektifan elemen-elemen bauran promosi lainnya (Morrison 2002:488).

MPR dalam industri perhotelan dinyatakan sebagai suatu kegiatan komunikasi untuk mengembangkan citra yang baik, meningkatkan kredibilitas, dan rasa kepercayaan kepada para pelanggan hotel. Adapun fungsi MPR adalah membuat evaluasi dan analisis mengenai pendapat para pelanggan hotel khususnya yang berhubungan dengan layanan yang diberikan oleh suatu hotel memberikan masukan dan usul mengenai cara menangani pendapat, opini atau kritik yang ditujukan pada pihak hotel, mempengaruhi para pelanggan hotel melalui teknik komunikasi yang baik sehingga dapat meningkatkan citra hotel yang lebih baik lagi di mata para tamu hotel (Oka 1995:227), Komponen Marketing Public Relation (MPR) Hotel Ciwidey.

Advertisement

Related For KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Comment For KOMPONEN MARKETING PUBLIC RELATION (MPR) HOTEL CIWIDEY

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • The Best Summer Trips for Couples Under 30
    Traveling with family and friends can be great, but a romantic vacation with your significant other is truly something special. In fact, a report from the U.S. Travel Association found that couples who travel together tend to have longer-lasting relationships than those who don't. Plus, traveling sweethearts are likely to be more communicative, experience greater […]
  • Here’s What to Do If You Get Detained at a U.S. Airport
    “Who packed your bags?” I stood there frozen, while trying to force the words out of my mouth. “I did,” I muttered to the El Al airline official. The two-word answer was simple, but held so much weight. “What’s your relationship with each other?” It was February 2014, and I was traveling to Israel with […]
  • Top 8 Places to Visit in Oman
    Oman doesn’t make the headlines like many of its neighbors on the Arabian Peninsula. Those who choose to venture to the far eastern tip of the peninsula will be met with diverse landscapes, encompassing magnificent mountains, striking sand dunes, and rugged coastlines. The Omani people are incredibly welcoming to foreign visitors, too -- demonstrated by […]