Home » Hotel Ciwidey » KLASIFIKASI HOTEL

KLASIFIKASI HOTEL

Minggu, September 22nd 2013. | Hotel Ciwidey

KLASIFIKASI HOTEL

Klasifikasi Hotel , menurut Richard adalah suatu system pengelompokkan hotel ke dalam berbagai kelas atau tingkatan berdasarkan ukuran penilaian tertentu. Klasifikasi tersebut bisa dilakukan menurut standar hotel, jumlah kamar, jenis tamu, lama tinggal, bintang tipe harga kamar, tariff kamar, lama operasi hotel, serta lokasi hotel.

KLASIFIKASI HOTEL

Klasifikasi hotel menurut standar hotel didasarkan kepada manajemen, kapasitas atau jumlah kamar, fasilitas, penempatan tenaga kerja, serta administrasi. Berdasarkan hal terrsebut maka hotel berdasarkan standarnya dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Hotel internasional
  2. Hotel semi internasional
  3. Serta hotel nasional

Jika dilihat dari jumlah kamar, maka dapat dibagi menjadi :

  1. Small hotel yaitu hotel dengan jumlah kamar kurang dari 50 kamar.
  2. Medium hotel yaitu hotel dengan jumlah kamar anatar 50-100 kamar.
  3. Large hotel yaitu hotel dengan jumlah kamar 100 kamar ke atas.

Dilihat dari jenis tamu yang menginap, hotel dibagi menjadi :

  1. Family hotel yaitu tamu yang menginap bersama keluarga.
  2. Business hotel yaitu tamu yang mayoritas adalah menginap dengan tujuan bisnis sehingga diperlukan tatacara praktis dan cepat dalam pelayanan serta fasilitas bisnis sebagai penunjang.
  3. Commercial hotel yaitu tamu hotel dari kalangan pengusaha.
  4. Tourist hotel yaitu tamu yang menginap mayoritas para wisatawan sehingga diperlukan penataan hotel yang artistic serta tersedianya sarana informasi wisata serta barang-barang kerajinan tangan dan sebagainya.
  5. Official hotel yaitu hotel yang mayoritas tamunya adalah dari instansi atau perusahaan yang sedang melaksanakan perjalanan dinas sehingga biasanya lokasinya berada di daerah perkantoran atau instansi dan relative sama dengan business hotel.
  6. Transit hotel yaitu apabila mayoritas tamunya adalah mereka yang akan melanjutkan perjalanan seperti hotel di bandara; cure hotel yaitu apabila tamu yang menginap terutama mereka yang akan merawat diri untuk tujuan pengobatan seperti air panas mineral.
  7. Convention hotel yaitu hotel yang dirancang untuk keperluan penyelenggaraan konvensi.

Hotel juga dapat dibedakan berdasarkan lama tinggal, terdiri dari residential hotel yaitu hotel yang mayoritas tamunya adalah tamu yang menetap dalam jangka waktu yang lama di mana sewa kamar adalah secara bulanan atau dalam jangka waktu tertentu; transit hotel yaitu hotel yang terletak di kota yang menjadi pusat kegiatan perdagangan, pemerintah, dan tamu yang menginap mayoritas adalah para pedagang, mereka yang berada dalam perjalanan transit, pegawai, ataupun tamu yang tinggal untuk sementara waktu.

KLASIFIKASI HOTEL

Resort hotel yaitu hotel yang menyediakan penginapan selama masa waktu tertentu dan biasanya terletak di pusat kegiatan parawisata yang cocok untuk beristirahat. Motel singkatan dari motor hotel, dirancang khusus untuk mereka yang sedang melakukan kegiatan perjalanan dengan mengendarai mobil dan lokasinya adalah di pinggir jalan raya dan biasanya terdapat di antara dua kota besar yang merupakan tempat persinggahan bagi pemakai jasa jalan raya baik karena kemalaman atau terlalu lelah.

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

Klasifikasi hotel sesuai dengan bintang dibagi menjadi lima golongan kelas berdasarkan kelengkapan dan kondisi bangunan, fasilitas yang dimiliki, pengelolaan serta mutu pelayanan yang sesuai dengan persyaratan penggolongan hotel sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Berdasarkan kepada criteria penggolangan inillah bidang usaha hotel di Indonesia terbagi menjadi 3 (tiga) kelompok jaringan pengusaha hotel yaitu jaringan hotel internasional (international hotel chain), jaringan hotel nasional (national hotel chain), dan hotel yang dikelola secara independen. Oleh sebab itu, peningkatan kehandalan bersaing perlu dijadikan prioritas pertama bagi pengelola hotel.

Jika dilihat dari tipe harga kamar atau plan, yaitu suatu system dalam menentukan tariff kamar yang berhubungan dengan penjualan makanan, maka hotel dapat dibedakan menjadi European Plan (EP) yaitu system satuan harga yang berlaku hanya untuk sewa kamar saja dan makanan tidak termasuk ke dalam harga tersebut;

American Plan (AP) yaitu system satuan harga sewa kamar yang sudah termasuk harga makanan yang disajikan kepada tamu terlepas apakah tamu tersebut memakan makanan yang diberikan atau tidak. Dapat dibagi menjadi Full American Plan (FAP) yaitu harga kamar termasuk tiga kali makan dan Modified American Plan (MAP) yaitu harga kamar termasuk dua kali makan.

Tipe selanjutnya adalah Continental Plan (CP) yaitu harga kamar termasuk dengan Continental breakfast dan Bermuda Plan (BP) yaitu harga kamar termasuk American atau Eglish Breakfast.

KLASIFIKASI HOTEL

Klasifikasi hotel berdasarkan tariff kamar dibagi menjadi economy hotel yaitu hotel dengan tariff ekonomi relative murah, first class hotel yaitu hotel dengan tarif sedang, dan deluxe hotel yaitu hotel dengantarif mahal.

Klasifikasi hotel berdasarkan lama operasi dibedakan menjadi seasonal hotel yaitu hotel yang dibuka hanya untuk musim tertentu dalam setahun dan around the year operation hotel yaitu hotel yang beroperasi sepanjang tahun.

Dapatkan diskon 10 sd 30 persen di  Hotel Ciwidey, atau ke Hotel di Ciwidey Bandung Selatan, booking hotel ciwidey sekarang juga ! dapatkan dengan super diskon, hubungi kami di HP 081323739973 atau dengan bbm 29E26136 atau di Telepon 022-85920070.

Klasifikasi hotel berdasarkan lokasi hotel yaitu city hotel yaitu hotel berlokasi di daerah perkotaan, resident hotel yaitu hotel yang berlokasi jauh dari keramaian kota atau berada di pinggir kota, resort hotel yaitu hotel yang berlokasi di daerah wisata, motel yaitu hotel berlokasi di pinggir jalan raya, beach hotel yaitu hotel yang berlokasi di daerah sekitar pantai, mountain hotel yaitu hotel yang berlokasi di pegunungan, serta airport hotel yaitu hotel yang berlokasi di sekitar airport.

Resort EMTE Haighland adalah klasifikasi hotel yang termasuk hotel resort karena dekat dengan objek wisata Kawah Putih Ciwidey, dan MS Hotel adalah termasuk klasifikasi hotel mountain hotel karena terletak di lereng gunung Patuha Ciwidey, demikianlah informasi tentang Klasifikasi Hotel.

 

Advertisement
tags: , , ,

Related For KLASIFIKASI HOTEL

Comment For KLASIFIKASI HOTEL

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • 11 Common Mistakes to Avoid in Thailand
    While fluent English speakers make up only 15 to 20 percent of Thailand’s population, many more locals know enough to give directions, make recommendations, and haggle (more about that later). But just because you hear a lot of spoken English doesn’t mean that you’ll avoid making gaffes. Travelers to Thailand can stumble into many mistakes, […]
  • 12 of the Best Beaches in Greece
    Surrounded by the Aegean, Ionian, and Mediterranean Seas, Greece consists of more than 2,000 islands (227 of which are inhabited) and about 8,500 miles of coastline. That equals countless beautiful beaches, breathtaking bays, and lovely coves to explore. Some are white, some are red, some are pink, and some are black. Some have fine sand […]
  • 6 Amazing Safaris That Aren’t in Africa
    When planning a safari, Africa is likely the destination that comes to mind first. After all, the continent provides travelers with the presence of the famous Big Five, lush wilderness, and stunning sunsets over endless plains. However, there are plenty of alternatives -- some more affordable -- to the African adventure. From bear and wolf […]