Home » Hotel Ciwidey » Hotel di Indonesia

Hotel di Indonesia

Kamis, Oktober 25th 2012. | Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey

Perkembangan Hotel di Indonesia

Hotel di IndonesiaSebelumnya Saya sudah membahas tentang Hotel Ciwidey Com dan Sejarah Hotel di Eropa dan Amerika, nah sekarang Saya akan menjelaskan tentang Perkembangan Hotel di Indonesia, ayo kita sama-sama menyimak penjelasan selanjutnya. Perkembangan hotel modern di Indonesia (dibangun dan dikelola dengan menggunakan konsep-konsep manajemen hotel modern) di Indonesia diawali dengan dibuatnya hotel Indonesia di Jakarta pada tahun 1962. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengelolaan dengan menggunakan konsep-konsep manajemen hotel modern, bahasan ini akan disajikan dalam bentuk teknik dan prosedur hotel.

Untuk mengetahui secara pasti kapan sebenarnya usaha hotel di Indonesia mulai dikelola secara komersial adalah sulit, tetapi yang jelas bahwa sejak jaman penjajahan Belanda sudah terdapat usaha akomodasi yang dikelola secara komersial, walaupun pada waktu itu belum dikelola secara modern sebagai contoh : Hotel Savoy Homan, Bandung dibangun pada tahun 1888, kemudian direnovasi pada tahun 1937 dan selesai 1939. Kemudian Hotel Preanger dibangun pada tahun 1897 dan padaaktu itu masih enyatu denga toko, kemudian dibangun kembali sebagai suatu hotel yang lebih terkonsep pada tahun 1928. Bagi penduduk yang tinggal di daerah Bandung harus merasa bangga ternyata menurut sejarah, perkembangan hotel di Indonesia, hotel pertama yang didirikan menurut catatan sejarah ada di Bandung yaitu Hotel Savoy Homan dan Hotel Preanger. Ayo kita lanjutkan lagi di hotelciwidey.com.

Hotel di Indonesia

Hotel Mij De Boer di Medan, Sumatera Utara didirikan oleh Aent Herman De Boer orang Belanda pada tahun 1898. Pada saat itu hotel Mij De Boer merupakan hotel yang paling megah di Medan yang diperuntukan bagi penguasa perkebunan dan para pejabat pemerintah Belanda yang dating ke Sumatera Utara. Kemudian pada tanggal 14 Desember 1957, dalam rangka nasionalisasi perusahaan-perusahaan asing, hotel Mij De Boer diambil alih oleh pemerintah Republik Indonesia diganti namanya menjadi hotel Dharma Bhakti, dan sekarang namanya diganti lagi menjadi hotel Dharma Deli. Di Yogyakarta juga terdapat sebuah hotel lama yaitu Grand Hotel de Djokya berlokasi di jalan Malioboro, didirikan pada tahun 1908 dan beroperasi pada tahun 1911. Setelah mengalami beberapa renovasi, saat ini hotel tersebut berganti nama menjadi Hotel Garuda. Dengan adanya usaha-usaha renovasi bangunan hotel pada waktu itu, hal ini menunjukan suatu keinginan untuk memperbaiki fasilitas hotel yang lebih baik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan hotel / akomodasi secara komersial di Indonesia sudah dimulai dari sejak zaman Belanda, walaupun pada waktu itu cara pengelolaanya masih menggunakan konsep pengelolaan penginapan, dan belum menggunakan konsep pengelolaan hotel seperti sekarang. Setelah Kemerdekaan Republik Indonesia, para pengusaha nasional (termasuk pengusaha akomodasi/penginapan) pada waktu itu membentuk suatu asosiasi yang disebut dengan Organisasi Perusahaan Sejenis (OPS).

Fasilitas usaha Hotel di Indonesia

Ayo kita lanjut saja sekalian dengan Informasi Fasilitas Usaha Hotel di Indonesia, agar kita mengetahui apa saja fasilitas hotel di Indonesia yang kita singgahi dan memahami apakah yang kita singgahi tipe hotel atau penginapan. Hotel merupakan bagian yang integral dari usaha parawisata yang menurut Keputusan Menparpostel disebutkan sebagai suatu usaha akomodasi yang dikomersilkan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut, Kamar tidur (kamar tamu); Makanan dan minuman; Pelayanan-pelayanan penunjang lain seperti Tempat-tempat rekreasi, Fasilitas olah raga, Fasilitas dobi (laundry) dan sebagainya, Jadi kita tahu bahwa hotel itu harus memenuhi fasilitas di atas.

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

Hotel di Indonesia merupakan usaha jasa pelayanan yang cukup rumit pengelolaanya, dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dipergunakan oleh tamu-tamunya selama 24 jam ( untuk hotel di Indonesia bintang 4 dan 5 ). Di samping itu, usaha perhotelan juga dapat menunjang kegiatan para usahawan yang sedang melakukan perjalanan usaha, ataupun para wisatawan pada waktu melakukan perjalanan untuk mengunjungi daerah-daerah tujuan wisata, dan membutuhkan tempat untuk menginap, makan dan minum, serta hiburan. Demikian informasi mengenai fasilitas dan sejarah hotel di Indonesia.

Advertisement
tags: , , , , , , ,

Related For Hotel di Indonesia

Comment For Hotel di Indonesia

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • Is This the Most Romantic Destination in Mexico?
    Way up in the central highlands of Mexico sits a little jewel of a town. San Miguel de Allende -- a colonial-era city defined by bright colors, Baroque architecture, and bohemian spirit -- has been inspiring love letters from visitors and expats since the turn of the last century. And more recently -- just this year […]
  • 8 Underrated Destinations in Germany
    Americans are traveling abroad in record numbers. According to data from the National Travel and Tourism Office, Germany is the seventh most popular overseas destination for Americans. Even though it's one of the largest European countries in terms of both area and population, two cities tend to steal the show: Munich and Berlin. We propose […]
  • 6 Surprising Ways to Travel for Free or on the Cheap
    Were it not for the cost, many of us would spend significantly more time on vacation. The following free and cheap travel methods are certainly less conventional, but offer an array of culturally immersive, educational, and worthwhile experiences for those willing to get outside their comfort zone and stretch their travel budget.