Home » Hotel Ciwidey » HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Jumat, Oktober 11th 2013. | Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey, Resort Ciwidey

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), Seiring dengan berjalannya waktu, fokus pemasaran HOTEL CIWIDEY telah mengalami perubahan.  Pada tahun 1950-an, pemasaran ditujukan kepada pasar industri. Pemasaran nonprofit atau pemasaran sosial menjadi fokus pemasaran pada tahun 1970-an. Selanjutnya pada tahun 1980-an sektor jasa yang mendapat perhatian, sampai akhir pada tahun 1990-an, relationship marketing (RM) mendapatkan perhatian yang meningkat.

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)Pada konsep yang baru, penekanan terletak pada interaksi antara perusahaan dengan berbagai jaringan hubungan, tidak hanya dengan konsumen akan tetapi dengan semua pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan atau yang biasa disebut dengan nama stakeholders.

Hubungan adalah aset yang paling mendasar bagi suatu perusahaan melebihi dari kepentingan apapun, karena suatu hubungan yang menentukan masa depan dari suatu perusahaan. Karena itu pengembangan dari RM merubah paradigma pemasaran mulai dari persaingan dan konflik sampai kepada kerjasama yang menguntungkan, serta independent dan saling ketergantungan.

RM lebih menekan kepada kerja sama daripada kompetisi dan konflik diantara para pemasar. Konsep ini berdasarkan kepada pembentukan nilai antara perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan pada perusahaan. Dalam hal ini kerjasama sangat dibutuhkan menciptakan nilai tersebut. Pada pendekatan pemasaran transaksional, penekanan terletak pada pasar masa di mana pelanggan tidak diketahui. Tujuannya agar para pelanggan memilih sendiri satu merk tertentu diantara berbagai macam merk yang ada. Hal ini menyebabkan adanya persaingan antara para pemasar dengan konsumen.

Kami admin hotel ciwidey mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tamu wisatawan yang telah berkunjung ke hotel di ciwidey. Terima kasih sudah mempercayai kami dengan melakukan booking hotel ciwidey secara online di situs http://hotelciwidey.com. Kami berharap Anda puas terhadap pelayanan kami, saran dan kritikan atau apapun yang ingin mengenai pelayanan di hotel ciwidey eMTe Highland Resort silahkan sms ke HP 081323739973 atau kirim email ke admin@hotelciwidey.com, untuk perbaikan pelayanan kami dikemudian hari.

Menurut Donaldson dan O’Toole (2002:7) karakteristik yang membedakan antara berbagai jenis pertukaran adalah dengan menilai apakah pertukaran tersebut berdasarkan atas transaksi pasar atau pertukaran relasional. Konsep dasar dari pertukaran ini, baik proses penciptaan, pemeliharaan serta pemberhentian, merupakan hal penting dalam memahami pemasaran hubungan. Pertukaran yang terjadi hanya satu kali merupakan suatu transaksi, tetapi apabila pertukaran tersebut terjadi berulang kali maka dapat menimbulkan suatu hubungan.

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Pendekatan transaksional akan berfokus pada transaksi yang bersifat jangka pendek, mengutamakan persaingan, orientasi perusahaan dengan berusaha memberikan nilai kepada perusahaan, pembeli bersifat pasif, perusahaan merupakan pusat pengendalian dan sebagai suatu batas, serta independent. Sedangkan pendekatan relasional berfokus kepada kemitraan yang bersifat jangka panjang, mengutamakan kolaborasi dan kooperasi sehingga akan memberikan nilai kepada hubungan tersebut, pembeli merupakan partisipan aktif, perusahaan sebagai bagian dari proses dengan tidak mengenal batasan, serta mempunyai rasa ketergantungan dan mengutamakan jaringan.

Dalam menjalin suatu hubungan, perusahaan harus mengetahui karakteristik tertentu yang dibutuhkan untuk membuktikan bahwa suatu hubungan itu eksis sehingga dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap hubungan tersebut. Menurut Hollensen (2003:211) terdapat dimensi kunci dalam membangun sebuah hubungan, yaitu (1) ikatan, yang merupakan bagian dari suatu hubungan dimana kedua pihak membentuk suatu kesatuan untuk mencapai satu tujuan yang sama, (2) kepercayaan, yaitu suatu keyakinan di mana masing-masing pihak akan menepati janjinya dan tidak akan merugikan pihak yang lainnya,

(3) empati, yaitu dimensi dari hubungan bisnis yang memungkinkan kedua pihak melihat situasi dari sudut pandang pihak lawannya yangdapat diartikan sebagai usaha memahami hasrat dan keinginan seseorang, dan yang terakhir adalah (4) resiprokal, yaitu dimana kedua belah pihak saling memberikan sesuatu yang menguntungkan keduanya.

HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Semakin berkembangnya waktu maka konsep RM ini juga menglami perkembangan, Gummesson (2002:27) menyebutnya dengan Total Relationship Management (TRM). Konsep ini menyatakan bahwa RM merupakan pemasaran yang didasarkan atas interaksi antara berbagai jaringan hubungan, yang terdiri dari 30  hubungan. Gummesson membagi TRM ke dalam dua kategori besar yaitu market relationship dan non market relationships. Market relationship merupakan hubungan antara supplier, pelanggan, pesaing, dan mereka yang beroperasi di pasar.

Market Relationship dibagi menjadi  classic market relationship  yaitu hubungan antara supplier dengan pelanggan, hubungan antara supplier-pelanggan-pesaing serta jaringan distribusi fisik, yang diperlakukan secara ekstensif dalam teori pemasaran secara umum. Yang kedua adalah special market relationship yang menggambarkan aspek-aspek khusus seperti interaksi dalam service encounter atau pelanggan sebagai suatu anggota dari program loyalitas. Kategori kedua adalah non-market relationship yang secara tidak langsung mempengaruhi keefisienan dari market relationships. Terdiri dari mega relationship yang memperhatikan masalah ekonomi dan sosial secara umum, yaitu mega marketing (lobbying, opini publik, dan kekuatan politik), mega alliances (contohnya NAFTA) dan social relationships (seperti persahabatan dan ikatan etnik). Yang ke dua adalah nano relationship yaitu hubungan yang berada di dalam organisasi, HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM).

Advertisement
tags: , , , , ,

Related For HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Comment For HOTEL CIWIDEY CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • The Biggest Hotels in Las Vegas
    Forget quaint, quirky, and cute -- Las Vegas is all about going big or going home, even when it comes to its slew of hotels. Attracting millions of visitors each year, Sin City properties shelter those looking to roll the dice, see a show, or generally get wild. These hotels also endlessly entertain, with casinos, […]
  • 5 of the Most Dangerous Beaches in the Caribbean
    The islands of the Caribbean are beloved tourist draws for their charming seaside towns, sunny weather, and, perhaps most popularly, the gorgeous beaches scattered across the region. But it’s not all palm trees and sunshine: Some of the beaches have cultivated quite a reputation for being less peaceful and relaxed, and more dangerous and, well, […]
  • Jamaica vs. Dominican Republic: Which Is a Better Vacation Spot for You?
    Mid-January weather has lots of Americans looking to the Caribbean for some fun in the sun. But when it comes to trip planning, there's a lot more to think about than tiny umbrellas and pina coladas (though both of those things are very important). Category 5 storms Irma and Maria impacted much of the region […]