Home » Hotel » Bauran Pemasaran Hotel

Bauran Pemasaran Hotel

Senin, Oktober 7th 2013. | Hotel, Hotel Ciwidey, Hotel di Ciwidey

Bauran Pemasaran Hotel

Bauran Pemasaran Hotel, Produk dalam industri perhotelan sangatlah banyak dan bervariasi bauran produk menurut Morrison (2002:277) terdiri dari perilaku staf, penampilan, serta seragam, bangunan eksterior, peralatan, furniture, simbol serta komunikasi dengan pelanggan dan publik lainnya. Walker (1996:77) membagi layanan yang ditawarkan hotel ke dalam 3  element .

Bauran Pemasaran HotelTingkatan service offering dari suatu hotel berawal dari core benefitnya yaitu penginapan dengan menyediakan kamar untuk menginap. Selanjutnya core benefit ini tidak akan berjalan tanpa adanya facilitating services, yaitu suatu layanan yang mendukung core benefit seperti front office, housekeeping, dapur, lahan parkir.

Terakhir adalah layanan penunjang yaitu berupa fasilitas lain yang disediakan pihak hotel dalam menyampaikan jasanya kepada pelanggan hotel. Dalam hal ini dapat berupa reservasi, restaurant,serta frequency club.

Kotler, Bowen, Makens (2004:302) berpendapat bahwa produk yaitu segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar agar dapat menarik perhatian, pembelian, penggunaan, atau konsumsi yang bisa memuaskan keinginan atau kebutuhan. Termasuk di dalamnya objek secara fisik, jasa, tempat, organisasi, dan ide.

Bauran Pemasaran Hotel

Jika Anda sedang berwisata ke daerah sekitar Ciwidey, kami berharap dapat berkunjung di MS Hotel Ciwidey atau di EMTE Hotel Ciwidey, terima kasih kepada pengunjung yang sudah booking hotel ciwidey, hotel ciwidey murah memberikan kenyamanan dengan suasana yang sangat nyaman dan sejuk, terima kasih atas kunjungannya.

Menurutnya produk dalam industri perhotelan ini harus dilihat dari 4 tingkatan yaitu core product yang merupakan fokus dari suatu bisnis yang dalam perhotelan yaitu penginapan, facilitating product yaitu suatu produk atau jasa yang harus ada dan digunakan untuk menggunakan core product nya yang berhubungan dengan aksesbilitas, seperti fasilitas check in check out, dan supporting product yaitu produk ekstra yang ditawarkan perusahaan untuk menambah nilai core product nya dan membedakan dari pesaingnya sehingga  dapat membantu positioning perusahaan.

Contohnya adalah tersedianya business centre atau pusat kebugaran yang full service. Dalam hal ini core product memerlukan facilitating product tetapi tidak selalu memerlukan supporting products. Tingkatan terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah augmented product, menginget hotel memerlukan keterlibatan pelanggan dalam penyampaian jasanya yang dalam hal ini pelanggan berinteraksi dengan sistem penyampaian jasa, misalnya tamu hotel harus check in di front desk, masuk ke kamar, bagaimana menggunakan televisi atau telefon.

Bauran Pemasaran Hotel

Pelanggan juga harus berinteraksi dengan pelanggan yang lainnya dan petugas hotel. Augmented product itu sendiri terdiri dari atmosfir yaitu lingkungan fisik yang terdiri dari dimensi visual (warna, tata cahaya, ukuran dan bentuk), dimensi aura, dimensi olfactory, (aroma dan kesegaran), dan dimensi tactile (kelembutan, kehalusan dan temperatur), interaksi pelanggan dengan sistem penyampaian jasa, interaksi pelanggan dengan sistem penyampaian jasa, interaksi pelanggan dengan pelanggan lainnya, serta customer coproduction yaitu keterlibatan pelanggan dalam penyampaian jasa yang dapat meningkatkan kapasitas, kepuasan, serta mengurangi biaya.

Produk yang dihasilkan oleh usaha hotel dapat dibedakan menjadi komponen produk nyata yaitu segala sesuatu yang dapat dilihat, disentuh/diraba, diukur dan dihitung seperti makanan, minuman, kamar tidur, dan perlengkapannya.

Secara umum unsur komponen-komponen produk nyata adalah lokasi, fasilitas dan berbagai aspek pelayanan. Lokasi yang dibutuhkan bagi suatu usaha hotel adalah suatu lokasi yang strategis dan dapat memberikan kemudahan kepada para pelanggan dalam melaksanakan aktivitas mereka sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi selama tinggal di hotel.

Fasilitas yang terdapat di dalamnya, restoran dengan berbagai jenis produk makanan dan minuman serta fasilitas fisik restoran yang dapat mendukung pelayanan penyajian makanan dan minuman dengan baik, fasilatas kebugaran seperti kolam renang, tenis lapangan, gym, serta fasilitas hiburan seperti musik dan karaoke. Khusus untuk hotel bintang 4 dan 5, diharuskan untuk menyediakan fasilitas kepada para pelanggannya selama 24 jam, Bauran Pemasaran Hotel.

Advertisement
tags: , ,

Related For Bauran Pemasaran Hotel

Comment For Bauran Pemasaran Hotel

Booking Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

PAKET WISATA CIWIDEY MURAH !

picasion.com gif maker

Booking MS Hotel Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Beli Tiket Kawah Putih Ciwidey Di Sini !!!

picasion.com gif maker

Bandrek Abah Online

RSS Hotel Ciwidey Goal

  • Is This the Most Romantic Destination in Mexico?
    Way up in the central highlands of Mexico sits a little jewel of a town. San Miguel de Allende -- a colonial-era city defined by bright colors, Baroque architecture, and bohemian spirit -- has been inspiring love letters from visitors and expats since the turn of the last century. And more recently -- just this year […]
  • 8 Underrated Destinations in Germany
    Americans are traveling abroad in record numbers. According to data from the National Travel and Tourism Office, Germany is the seventh most popular overseas destination for Americans. Even though it's one of the largest European countries in terms of both area and population, two cities tend to steal the show: Munich and Berlin. We propose […]
  • 6 Surprising Ways to Travel for Free or on the Cheap
    Were it not for the cost, many of us would spend significantly more time on vacation. The following free and cheap travel methods are certainly less conventional, but offer an array of culturally immersive, educational, and worthwhile experiences for those willing to get outside their comfort zone and stretch their travel budget.